Rabu, 13 November 2013

STRATA atau KELAS SOSIAL DALAM MASYRAKAT



Kelas sosial dapat dianggap sebagai suatu rangkaian kesatuan yaitu serangkaian posisi sosial dimana setiap anggota masyarakat dapat ditempatkan, para peneliti membagi rangkaian kesatuan itu menjadi sejumlah kecil kelas sosial yang khusus atau strata. Konsep kelas sosial digunakan untuk menempatkan individu atau keluarga dalam suatu kategori sosial. Kelas sosial didefinisikan sebagai pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas yang berbeda, sehingga para anggota setiap kelas secara relative mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah.

KELAS SOSIAL DAN STATUS SOSIAL

Mengukur kelas sosial dari sudut status sosial yaitu dengan membatasi setiap kelas sosial dengan banyaknya status yang dipunyai para anggota dibandingkan dengan anggota kelas sosial lainnya. Dalam penelitian kelas sosial (terkadang disebut stratifikasi sosial), status sering dinggap sebagai penggolongan relative para anggota setiap kelas sosial dari segi faktor-faktor tertentu.



Sebagai contoh, kekayaan relative (banyaknya asset ekonomi), kekuasaan (tingkat pilihan atau pengaruh pribadi terhadap orang lain) dan martabat (tingkat pengakuan yang diperoleh dari orang lain) merupakan tiga faktor yang sering digunakan ketika menilai kelas sosial.


Kelas sosial merupakan bentuk segmentasi hirarkis dan alamiah

Kategori kelas sosial biasanya disusun dalam hierarki, yang berkisar dari status yang rendah sampai yang tinggi. Penggolongan kelas sosial berarti bahwa orang lain sama dengan mereka (dalam kelas sosial yang sama), superior dibandingkan mereka (kelas sosial yang lebih tinggi), maupun inferior dibandingkan mereka (kelas sosial yang lebih rendah
Kelas sosial dan segmentasi pasar

Keragaman strata kelas sosial menyediakan dasar dalam segmentasi pasar untuk beberapa produk dan jasa. Peneliti konsumen dapat menghubungkan pemakaian produk dengan keanggotaan kelas sosial.
Kelas sosial dan faktor perilaku

Klasifikasi anggota masyarakat ke dalam kelas sosial membuat peneliti untuk mencatat eksistensi dari nilai, tata krama,dan pola perilaku anggota dalam setiap kelas sosial.
Kelas sosial sebagai kerangka referensi

Keanggotaaan kelas sosial dipakai konsumen sebagai suatu kerangka rujukan (kelompok rujukan) untuk pengembangan sikap dan perilaku



KATEGORI KELAS SOSIAL

Belum ada kesepakatan diantara para sosiolog berapa banyak pembagian kelas yang diperlukan untuk dapat menggambarkan dengan cukup jelas struktur kelas di Amerika Serikat. Ada yang membagi menjadi dua, tiga,sampai sepuluh kelas sosial.

· Dua kategori : kerah biru – kerah putih, rendah – atas, rendah – menengah

· Tiga kategori: kerah biru – kerah abu-abu, kerah putih ; rendah – menengah – atas

· Empat kategori : rendah – menengah ke bawah – menengah ke atas – atas

· Lima kategori : rendah – kelas pekerja – menengah bawah – menengah ke atas-atas

· Enam kategori : atas ( Upper-upper class ) - atas lapisan bawah ( Lower-upper class) - menengah lapisan atas ( Upper-middle class) - menengah lapisan bawah ( Lower-middle class) - bawah lapisan atas ( Upper lower class) - bawah-lapisan bawah ( Lower-lower class)

Sembilan kategori : benar-benar rendah – rendah - kelas pekerja - menengah bawah - menengah atas - atas rendah – atas - benar-benar atas.



Kategorisasi umum

1. berdasarkan status ekonomi

masyarakat berdasar status ekonomi terbagi atas: golongan sangat kaya, golongan kaya, dan golongan miskin.

2. berdasarkan status sosial

kelas sosial timbul karena adanya perbedaan dalam penghormatan dan status sosialnya. Misalnya, seorang anggota masyarakat dipandang terhormat karena memiliki status sosial yang tinggi dan seorang anggota masyarakat dipandang rendah karena memiliki status sosial yang rendah.

3. berdasarkan status politik

secara politik, kelas sosial didasarkan pada wewenang dan kekuasaan. Seseorang yang mempunyai wewenang atau kuasa umumnya berada di lapisan tinggi, sedangkan yang tidak mempunyai wewenang berada di lapisan bawah. Kelompok kelas sosial atas antara lain sebagai berikut: pejabat eksekutif, pejabat legislatif, pejabat yudikatif.

4. berdasarkan hierarki militer

- kelas sosial atas (perwira). Kelas ini terdiri atas anggota militer berpangkat kapten hingga jenderal.

- Kelas sosial menengah (bintara). Kelas ini terdiri atas anggota militer berpangkat sersan dua hingga sersan mayor.

- Kelas sosial bawah (tamtama). Kelas ini terdiri atas anggota militer berpangkat prajurit hingga kopral kepala.


Sumber :
adulchuletta.blogspot.com/2009/12/kelas-sosial-dan-status.html
giyantops.files.wordpress.com/2011/01/kelas-sosial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar